Translate

Kamis, 16 Januari 2014

Deturia di musim penghujan


Jalan berlumpur menuju Deturia
Keindahan dan keramahtamahan penduduk Deturia sudah dibahas di Deturia, dataran luas di kabupaten Ende.

Di musim penghujan, keindahan Deturia seringkali tersimpan di balik kabut yang tebal dengan jarak pandang 5 meter. Lebih dari 5 meter menjadi pemandangan yang mistis! Menjelajahi Deturia di musim penghujan laksana berada di situs film Lord of The Rings.


Aliran sungai membelah jalan utama
menuju Deturia
Jalan utama menuju Deturia dari Kota Baru memang menjadi sangat sulit ditempuh. Hanya ojeg motor dengan pengendara yang menguasai medan yang dapat mencapai Deturia. Bagian jalan tanah  merah yang dikeraskan menjadi lumpur lengket sehingga beberapa kali harus turun dari motor dan berjalan kaki. Ada beberapa cekungan di jalan yang menjadi aliran air sungai tanpa jembatan. Di sini sekali lagi harus turun dari motor dan asiknya......ada kesempatan untuk mencuci kaki yang penuh lumpur dan menikmati segarnya aliran air dingin di kaki setelah lelah berjalan. 

Kelelahan menempuh perjalanan berat menanjak ini akan sirna begitu tiba di Desa Deturia. Foto-foto di bawah ini hanyalah secuil keindahan Deturia di balik kabut.

Rumah kepala desa di balik kabut

Tertarik nyasar di Deturia dan merasakan keramahtamahan penduduknya dengan tinggal semalam di sana? Yuk...nyasar di Flores bersama kami. 




   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar