Translate

Selasa, 14 Januari 2014

Tiwu Bowu, danau air tawar




Ada "2 lapis" air. di bawah langit
Gunung dan bukit yang berada di pinggir laut merupakan hal biasa di Flores. Tetapi  danau air tawar  yang letaknya di pinggir laut mungkin hanya Tiwu Bowu satu-satunya.Pada foto di atas, terlihat ada "2 lapis" air. Di bawah langit biru ada lapisan air laut berwarna biru tua. Di bawahnya ada lapisan hutan bakau dan di bawahnya ada lapisan air danau. 

Tiwu dalam bahasa Lio berarti danau.Tiwu Bowu berada di semenanjung utara Kabupaten Ende. Lebih mudah dijangkau dari Kota Maumere, ibukota Kabupaten Sikka daripada Kota Ende. Ada jalan aspal hotmix dari Maumere hingga Kota Baru, kota terdekat yang dapat ditempuh dengan mobil. Ada pemandangan bukit-bukit dan tepi laut di sepanjang jalan yang tidak membosankan. Setelah itu harus disambung berjalan kaki hingga tepi danau.

Meskipun berada tidak jauh dari pantai, Tiwu Bowu merupakan tempat yang sejuk dan segar karena banyak ditumbuhi pepohonan besar. Ada hutan, sawah dan perkampungan penduduk yang berada di sekitar danau.Sebagian penduduk ada yang bekerja sebagai nelayan. Bersantai di perahu sambil mengamati pemandangan di sekitar danau, mengeker  burung-burung di hutan dan diakhiri dengan menyantap olahan ikan yang baru ditangkap merupakan kegiatan menarik di tempat ini. Jangan lupa membawa binokular.



Tertarik nyasar di Tiwu Bowu dan merasakan nikmatnya masakan ikan yang baru ditangkap dari danau? Yuk...nyasar di Flores bersama kami. 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar