Translate

Selasa, 07 Januari 2014

Tempat wajib nyasar di Flores 1 : Danau Kelimutu









Bagi warga di luar Pulau Flores, cara termudah untuk nyasar ke Danau Kelimutu adalah dengan menggunakan penerbangan menuju kota Ende atau kota Maumere. Kelimutu dapat dicapai dalam waktu dua setengah jam dari Ende. Sedangkan dari Maumere tiga setengah jam. Bila ingin nyasar di saat matahari terbit, sebaiknya menginap di Desa Moni, desa terdekat. Di Moni ada banyak hotel dan homestay. 



Danau Kelimutu merupakan 3 danau kawah yang terbentukdari letusan gunung Kelimutu. Jangan percaya dengan isyu yang mengatakan danau ini kering dan tidak  menarik saat musim kemarau. Danau ini selalu berair sepanjang tahun dan warna airnya berubah-ubah terus. Dalam paruh kedua tahun 2013 saja warna-warna danau sudah berubah berkali-kali. Sekurang-kurangnya perubahan warna danau pertama sudah terjadi 3 kali, danau kedua 4 kali dan danau ketiga 2 kali. Perubahan-perubahan warna ini selalu memesona.
   
Dari tempat parkir mobil, pengunjung harus berjalan kaki menanjak selama kira-kira 30 menit untuk mencapai tempat tertinggi agar dapat melihat ketiga danau sekaligus. Di tempat ini biasanya angin bertiup kencang, jadi sebaiknya mempersiapkan diri dengan pelindung kepala dan leher selain mantel.  


Setahun sekali pada pertengahan bulan Agustus, ada upacara adat masyarakat Lio di sekitar danau berupa pemberian makanan kepada arwah nenek moyang. Upacara ini merupakan ungkapan rasa syukur atas berkat yang diterima selama setahun dan memohon berkat di tahun yang akan datang. Upacara ini dapat diikuti oleh masyarakat umum. 

Tertarik untuk melihat keajaiban warna-warni Danau Kelimutu dan nyasar di hutan dan pertanian di sekitarnya? Atau tertarik melihat upacara adat pergantian tahun? Yuk...nyasar di Flores bersama kami. Kami akan membuatkan rencana perjalanan yang bertepatan dengan upacara ini bagi Anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar