Translate

Selasa, 21 Januari 2014

Bentuk topografis Pulau Flores




Flores memiliki bentuk topografis unik yang dibentuk oleh deretan bukit-bukit, gunung-gunung dan lembah-lembah yang rapat. Puncak-puncak gunung umumnya menyerupai prisma-prisma bersudut dan berujung tajam dengan garis-garis lereng tegas yang dipenuhi bukit-bukit yang juga berbentuk sama. Deretan gunung, bukit dan lembah ini memenuhi pulau dan terlihat seperti kulit iguana. Saat terkena sinar matahari, setiap bagian memantulkan cahaya dengan sudut pantul berbeda sehingga menghasilkan pemandangan penuh gradasi warna. 

Keunikan itu sudah terlihat sejak sebelum menginjakkan kaki di Flores. Bila Anda datang dengan pesawat terbang, jangan sampai  kehilangan kesempatan melihat lekuk-lekuk bukit dan gunung bersudut dan berpuncak tajam dan lembah dengan degradasi warna yang indah karena perbedaan  pantulan cahaya matahari. 
Begitu juga bila datang dengan kapal laut. Bukit-bukit dan gunung-gunung tampak jelas dari laut karena letaknya memang tidak jauh dari pantai. 

Saat menempuh perjalanan darat, keunikan ini membuat jalan-jalan antar kota berkelok-kelok, mendaki dan menurun di sangaaaaatt banyak tempat. Selain itu, banyak jalan antar kota yang diapit oleh pantai di satu sisi dan lereng bukit di sisi lainnya.

Tertarik nyasar di antara gunung-gunung, bukit-bukit dan lembah-lembah dan melihat keunikan dan keindahan bentuk topografis Pulau Flores?  Yuk...nyasar di Flores bersama kami. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar